Selasa, 28 Januari 2014

CURAHAN HATI AL-QURAN



Waktu engkau masih kanak-kanak…
Kau
laksana kawan sejatiku
Dengan
wudu’,Aku kau sentuh
dalam
keadaan suci,Aku kau pegang
Aku,kau
junjung dan kau pelajari
Aku
engkau baca dengan suara lirih atau pun keras
setiap
hari
Setelah
selesai engkau menciumku mesra

Sekarang
engkau telah dewasa………
Nampaknya
kau sudah tak berminat lagi padaku…..
Apakah
Aku bahan bacaan usang yang tinggal sejarah………?
Menurutmu, mungkin
aku bahan bacaan yang tidak menambah pengetahuanmu
Atau, menurutmu
aku hanya untuk anak kecil yang belajar mengaji……….

Sekarang, Aku
tersimpan rapi sekali,
sehingga
engkau lupa di mana Aku tersimpan
Aku
sudah engkau anggap hanya sebagai pengisi setormu.
Kadangkala
Aku dijadikan maskawin agar engkau dianggap bertaqwa
Atau
Aku kau buat penangkal untuk menakuti iblis dan syaitan
Kini
Aku lebih banyak tersingkir, dibiarkan sendirian, kesepian.
Di dalam
almari, di dalam laci, Aku engkau pendamkan…

Dulu….pagi-pagi….surah-surah yang ada
padaku engkau baca beberapa halaman.
Di waktu
petang, Aku kau baca beramai-ramai bersama temanmu di surau……
Sekarang……seawall pagi
sambil minum kopi…..engkau baca surat khabar dahulu
Waktu
lapang engkau membaca buku karangan manusia
Sedangkan
Aku  yang berisiayat-ayat yang dating dari ALLAH Azzawajalla,
Engkau
abaikan dan engkau lupakan……
Waktu
berangkat kerja pun kadang pun engkau lupa baca pembuka surah-surahku (Bismillah).

Di dalam
perjalanan engkau lebih asyik menikmati muzik duniawi
Tidak
ada kaset yang berisi ayat Allah yang terdapat di dalam keretamu
Sepanjang
perjalanan, radiomu selalu tertuju kestesyen radio kesukaanmu
Mengasyikkan.

Di meja
kerjamu tidak ada Aku untuk kau baca sebelum kau mulai kerja
Di komputermu pun kau
putar muzik kesukaanmu
Jarang
sekali engkau putar ayat-ayatku……
E-mail temanmu yang ada
ayat-ayatku pun kau abaikan
Engkau
terlalu sibuk dengan urusan dunia mu
Benarlah
dugaanku bahwa engkau kini sudah benar-benar hamper melupakanku

Bila
malam tiba engkau tahan bersengkang mata berjam-jam di depan TV.
Menonton
siaran televisi
Di depan
computer berjam-jam engkau betah duduk
Hanya
sekadar membaca berita murahan dan gambar sampah
Waktupun
cepat berlalu…
Aku
semakin kusam dalam laci-laci mu
Mengumpul
debu atau mungkin dimakan hama
Seingatku, hanya
awal ramadhan engkau membacaku kembali
Itupun
hanya beberapa lembar dariku.
Dengan
suara dan lafaz yang tidak semerdu dulu
Engkau pun kini
terangkak-rangkak ketika membacaku
Atau
waktu kematian saudara atau taulan mu

Bila
engkau di kubur sendirian menunggu sampai kiamat tiba
Engkau
akan diperiksa oleh para malaikat suruhanNYA
ApakahTV,radio,hiburan
atau computer dapat menolong kamu??????????

Yang pasti
ayat-ayat ALLAH s.w.t yang ada padaku menolong mu
Itu
janji Tuhanmu, ALLAH s.w.t
Sekarang
engkau begitu enteng membuang waktumu……
Setiap
saat berlalu….
Dan akhirnya……
Kubur yang setia
menunggu mu………
Engkau
pasti kembali, kembali kepada Tuhanmu……..

Jika
Aku engkau baca selalu dan engkau hayati…..
Di kuburmu
nanti….
Aku
akan dating sebagai pemuda gagah nan tampan.
Yang akan
membantu engkau membela diri
Dalam
perjalanan kealam akhirat.
Dan Akulah “Al-Quran”, kitab
sucimu

Yang sen
antiasa setia menemani dan melindungimu.
Peganglah
Aku kembali ………bacalah Aku kembali setiap hari.
Kerana
ayat-ayat yang ada padaku adalah ayat-ayat suci..

Yang berasal
dari ALLAH Azzawajalla
Tuhan Yang Maha
Pengasih dan Maha Pemurah
Yang disampaikan
oleh Jibril melalui Rasulmu
Keluarkanlah
segera Aku dari almari,lacimu…….
Letakkanlah
Aku selalu di depan meja kerjamu.
Agar engkau
sentiasa mengingat Tuhanmu.
Sentuhlah
Aku kembali…………

Baca dan
pelajari lagi AKU……..
Setiap
datangnya pagi,petang dan malam hari walau secebis ayat

Seperti
dulu……Waktu engkau masih kecil
Di surau
kecil kampungmu yang damai
Jangan
Aku engkau biarkan aku sendiri……
Dalam
bisu dan sepi………

Tidak ada komentar:

Posting Komentar